5 Alasan Kenapa Mobil Pintar Apple
Lebih Pantas Disebut Rumor
Walau beragam berita berkaitan
mobil Apple selalu bermunculan. Yang terbaru, laporan dari Bloomberg mengatakan
kalau Apple bakal mulai menghasilkan mobil listrik paling cepat di th. 2020, dengan
kata lain lima th. yang akan datang.
Tetapi sayang, sampai saat ini
belum ada respon resmi dari pihak perusahaan. Menariknya tindakan 'tutup mulut'
yang dikerjakan Apple malah bikin hal semacam ini makin menarik untuk diikuti.
Seperti isu ('digosok semakin sip'), beragam info yang tidak tentu sekitar
mobil garapan Apple malah makin bikin beberapa orang penasaran.
Walau demikian menurut Chief
Correspondent website berita Mashable, Lance Ulanoff, proyek mobil pandai Apple
tidaklah hal yang riil. Ulanoff menyebutkan kalau proyek pengembangan mobil
pandai Apple yang beritanya berkode nama 'Titan' ini hanya isapan jempol
belaka.
Ia lebih yakin bila Apple
dijelaskan berencana kerjakan proyek software pendukung mobil mutakhir,
bukanlah menghasilkan satu mobil. Ulanoff bahkan juga mempunyai 5 argumen
mengapa menghasilkan mobil jadi hal yang tidak mungkin untuk Apple.
Anda penasaran? Tersebut
penjelasannya.
1. Kompleksitas manufaktur
Mobil yaitu type piranti yang
begitu kompleks. Keterangan Ford menyampaikan kalau setiap mobil rata-rata
mempunyai 5. 000 sampai 6. 000 komponen. Serta hal semacam ini begitu tidak
sama dengan sistem manufaktur smartphone, tablet, maupun laptop.
Apple akan tidak dapat bangun
mobil sendirian. Lebih masuk akal bila perusahaan yang di pimpin oleh Tim Cook
itu membuat system komputasi pendukung mobil mutakhir yang bidang otomotifnya
ditangani oleh perusahaan lain. Mungkin saja Apple dapat bekerja bersama dengan
Hyundai atau Toyota dalam masalah ini.
Bila Apple memaksakan untuk
menghasilkan mobilnya sendiri, bagaimana Apple bisa penuhi keinginan suku
cadang serta service purna jual yang lain? System usaha yang sekalipun baru
untuk Apple ini tak dapat di bangun cuma dalam kurun saat 5 th. ke depan.
2. Regulasi serikat buruh
Saat ini begini, Apple memanglah
mempunyai sebagian manufaktur di AS, tetapi itu cuma beberapa kecil. Beragam
type komponen paling utama dengan biaya produksi mahal tetaplah ditangani oleh
manufaktur diluar AS, yaitu Tiongkok.
Apabila Apple memakai kiat itu,
apakah mereka diijinkan jual mobilnya di AS? Sudah pasti bisa dari segi
regulasi pemerintah AS, tetapi tak menurut pendapat serikat buruh di AS. Mereka
bakal mati-matian mengganjal Apple serta memaksa Apple untuk memakai sarana
manufaktur di Detroit, tempat Ford serta beberapa brand otomotif AS yang lain
merakit mobil. Ini berarti, cost produksi mobil Apple bakal makin membengkak.
Apple diberitakan lebih tertarik
untuk meningkatkan mobil bertenaga listrik tanpa ada BBM seperti yang sudah
launching oleh Tesla.
3. Kekurangan SDM pakar berlatar
belakang otomotif
Apple memanglah diberitakan sudah
mempekerjakan Johann Jungwirth, bekas presiden sekalian CEO of Mercedes-Benz
Research & Development. Terkecuali Jungwirth, terdapat banyak nama lain
berlatar belakang industri otomotif yang digosipkan sudah berhimpun di tim
pengembangan mobil Apple. Tetapi hadirnya mereka diklaim belum cukup untuk
mengawali produksi satu mobil.
Ulanoff memperkirakan kalau
beberapa orang itu dipekerjakan Apple bukanlah untuk menghasilkan mobil, tetapi
untuk menolong Apple memahai mobil. Ya, Ulanoff lebih meyakini kalau tim yang
bekerja di proyek rahasiah Apple dihimpun bukanlah untuk membuat mobil, tetapi
system komputasi pendukung mobil mutakhir di hari esok.
Pihak Apple sendiri --seperti
biasanya-- sampai sekarang ini tetap masih bungkam, tidak ada satu juga berita
yang mereka konfirmasi.
4. Penetuan harga serta pemasaran
Cost produksi iPhone 6 terdaftar
cuma US$ 200 serta Apple dapat menjualnya di kisaran harga US$ 650. Itu yaitu
jenis usaha yang begitu mengagumkan bagus. Walau demikian hal itu tidak mungkin
berlangsung di usaha otomotif.
Dalam kiat jual mobil, terdapat
beberapa cost yang perlu di keluarkan. Memajang iPhone di Apple store biayanya
tambah lebih murah dibanding berupaya menjual satu mobil didalam dealer.
Apple mesti bersusah payah
merubah Apple Store mereka jadi showroom mobil. Atau mereka dapat bikin
beberapa showroom baru, serta silakan tetapkan sendiri berapakah harga yang
layak untuk mobil pandai Apple dengan cost pemasaran yang makin membengkak.
President Director Prestige
Motorcars, Rudy Salim, mengklai kalau Tesla Jenis S dapat meniti 400 km dengan
keadaan baterai penuh.
5. Tak ada celah pasar
Ulanoff menyimpulkan kalau
sesungguhnya Apple sekalipun tak tertarik terjun ke industri otomotif lantaran
telah tak mempunyai celah. Bila Apple menginginkan menghasilkan mobil umum yang
bebrapa umum saja, cobalah katakan berapakah banyak brand produsen mobil lain
yang siap mengganjal debut Apple.
Lantas bila mereka menginginkan
berkompetisi dengan Tesla di bidang mobil listrik, Apple telah kalah langkah.
Mobil listrik garapan Tesla saat ini telah dapat dicicipi oleh customer dengan
desainnya yang bergaya serta harga nya yang premium.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar